Now Reading:
Catokan Rambut Juga Bisa Kadaluarsa, Kenali Tanda-tandanya!
Full Article 2 minutes read

Catokan Rambut Juga Bisa Kadaluarsa, Kenali Tanda-tandanya!

iyaa.com | Jakarta: Tak hanya kosmetik, catokan atau alat pelurus rambut ternyata juga bisa kadaluarsa. Kok bisa?

Ya, catokan rambut yang sudah melewati batas pemakaian alias expired bisa dilihat dari tampilannya. Catokan yang kadaluarsa ini tak boleh lagi digunakan karena akan berpengaruh pada kesehatan rambut.

Selain itu dalam jangka panjang, catokan yang kadaluarsa akan timbulkan kerusakan rambut hingga pengelupasan minyak alami pada rambutmu. Lalu apa saja tanda jika catokan rambut kadaluarsa?

Foto: Daily Mail

Berikut 3 ciri utama catokanmu sudah kadaluarsa seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (10/1/2019):

1. Lempengan yang rusak
Tanda pertama catokan rambutmu rusak adalah lempengan (biasanya terbuat dari besi) yang tergores atau pelat yang sudah aus atau ‘terangkat’.

“Jika kamu membalikkan catokan ke samping, kamu bisa melihat pelat (lempengan) terangkat. Jika lempengan tersebut sudah mengangkat, rambutmu bisa saja akan tersangkut di dalamnya,” tutur Jackie Dove, seorang penata rambut.

2. Lampu indikator berkedip
Jika lampu indikator panas terus berkedip, maka ini waktu yang tepat kamu mengganti catokan rambut. Dalam kondisi normal, lampu indikator tak berkedip saat alat diaktifkan. Dampak buruknya, rambutmu bisa saja terbakar karena suhu catokan yang tak sesuai.

3. Menghabiskan waktu lama di bagian rambut yang sama
Catokan rambut dengan kondisi normal akan dengan mudah meluruskan rambut dalam waktu singkat. Jika kamu meluruskan rambut di bagian yang sama berkali-kali, mungkin alat catokmu sudah kadaluarsa.

Sebaiknya, ganti catokan rambut setiap 2-3 tahun dan simpan catokan dalam wadah zip-up tahan panas agar tahan lama.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.