Now Reading:
Bisakah Jenis Kulit Berubah Seiring Waktu?
Full Article 1 minutes read

Bisakah Jenis Kulit Berubah Seiring Waktu?

iyaa.com | Jakarta: Kamu mungkin merasa jenis kulitmu berubah seiring waktu. Yang tadinya berminyak tiba-tiba terasa kering dan kusam. Mungkinkah hal ini terjadi?

Ahli dermatologi Dr. Dhaval Bhanusali, dilansir dari Skincare.com, menjelaskan bahwa jenis kulit kita tidak berubah secara intrinsik seiring waktu. Kulit mungkin terasa berbeda saat perubahan musim, tapi bukan berarti jenis kulit berubah. Misalnya jika kulit berminyak terasa kering di musim tertentu, itu bisa jadi karena kulit kurang kelembapan.

Selain itu, ada faktor lain yang membuat kulit terasa berbeda sehingga kita berpikir mungkin jenis kulit kita berubah, yakni penuaan alami.

“Secara umum, seiring bertambahnya usia, ada lebih banyak kerusakan kolagen dan penurunan produksi minyak,” kata Dr. Bhanusali. “Terlebih lagi, perubahan lemak dapat membuat wajahmu tampak berat di bagian bawah. Ada penurunan elastisitas dan dengan demikian, kulit bisa terlihat lebih tipis.”

Seiring berlalunya waktu, kulit menjadi kurang elastis sehingga kehilangan kekencangannya. Kita tidak mengubah oenuaan dari dalam. Tapi kita bisa mengontrol faktor eksternal yang menyebabkan penuaan, seperti gaya hidup, rutinitas skincare, pemakaian sunscreen, dan minum banyak air.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.