Now Reading:
9 Cara Menghilangkan Blackhead yang Disarankan Ahlinya (Bag. 1)
Full Article 2 minutes read

9 Cara Menghilangkan Blackhead yang Disarankan Ahlinya (Bag. 1)

iyaa.com | Jakarta: Selain jerawat, masalah wajah lain yang umum dialami adalah blackhead. Beragam produk pun hadir untuk melawan masalah kulit satu ini.

Cara untuk menangani blackhead bermacam-macam, seperti halnya 9 cara ini. Berikut cara-cara menghilangkan blackhead yang disarankan oleh dermatolog Anjali Mahto, seperti dikutip dari Cosmopolitan.

1. Physical exfoliator
Langkah termudah untuk mengatasi masalah blackhead ialah dengan eksfoliator. Dalam eksfoliasi ada dua istilah yaitu mechanical exfoliation dan chemical exfoliation.

Mechanical exfoliation menggunakan sesuatu yang secara fisik kasar, seperti face cleansing brush atau face scrub. Tapi jangan berlebihan melakukannya.

Over eksfoliasi justru bisa memicu inflamasi dan memperparah area yang banyak blackhead, plus bikin kulit kering dan iritasi.

2. Chemical exfoliator
Sudah disinggung sebelumnya kalau ada dua cara dalam eksfoliasi, yaitu mechanical yang bisa dirasakan fisik dan chemical.

Penggunaan chemicals untuk melarutkan lapisan atas sel kulit mati bisa dilakukan dengan bahan-bahan seperti glycolic acid, salicylic acid, atau chemical peels.

Foto: Healthy Options

3. Clay mask
Pemilik kulit berjerawat dan bekas jerawat bisa mengatasi blackhead dengan memakai clay mask seminggu sekali.

Clay mask efektif untuk menarik kotoran dari kulit dan mengurangi produksi minyak. Tak hanya itu, eksfoliasi dulu sebelum pakai clay mask supaya masker lebih mempenetrasi kulit.

4. Ganti produk skincare
Produk skincare dapat menyumbat pori-porimu, jadi ganti produk skincare kamu dengan yang berlabel ‘non-comedogenic’.

Pemilik kulit acne-prone dan yang bermasalah dengan blackhead perlu menghindari coconut oil sebab minyak satu ini berpotensi besar menyumbat pori-pori.

Lalu perhatikan juga tekstur produknya. Jangan pilih krim yang terasa berat di wajah dan hindari kandungan seperti petroleum, shea butter, dan glycerin karena mereka juga menyumbat pori-pori.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.