Now Reading:
Makeup Mengandung SPF, Efektifkah Melindungi Kulit dari Sinar Matahari?
Full Article 2 minutes read

Makeup Mengandung SPF, Efektifkah Melindungi Kulit dari Sinar Matahari?

iyaa.com | Jakarta: Jika kamu masih mengandalkan SPF dalam makeup sebagai perlindungan dari sinar matahari sebaiknya pikirkan lagi. Sebab SPF dalam produk makeup tidak seefektif dalam produk sunscreen.

Untuk mencapai SPF (Sun Protection Factor) pada label, kita harus memakai sekitar 2 mg produk per sentimeter persegi kulit, atau seukuran nickel (mata uang 5 sen atau 1/2 sendok teh).

Masalahnya, orang-orang jarang mengaplikasikan sunscreen sebanyak ini. Apalagi makeup, biasanya kita cenderung memakainya lebih sedikit. Bila sunscreen direkomendasikan dipakai ulang setiap dua jam, kita tak mungkin mengaplikasikan kembali foundation yang ber-SPF setiap dua jam.

Karena itulah ahli dermatologi Sonia Batra, M.D., dilansir dari Women’s Health, mengatakan bahwa produk makeup tak sepenuhnya bisa melindungi kulit kita dari sinar matahari.

“Saya memberi tahu pasien saya bahwa SPF dalam makeup seperti icing pada kue; foundation dan powder yang mengandung SPF sangat membantu, tapi sebaiknya tidak menjadi pelindung utama kulit dari matahari,” jelas Batra.

Foto: Freepik @Rawpixel.com

Bagaimana jika ingin memakai makeup ber-SPF?
PIlih makeup yang mengandung broad spectrum sunscreen. Ini agar bisa melindungi UVA dan UVB. Sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dini, sementara UVB membakar kulit. Terlalu banyak terpapar keduanya dapat menyebabkan kanker kulit.

Batra menyarankan untuk memakai makeup dengan SPF 15 atau lebih tinggi (idealnya SPF 30) yang juga mengandung bahan aktif seperti zinc oxide, avobenzone, atau ecamsule.

Tapi perlu diketahui bahwa saat kamu memakai pelembap ber-SPF 30 dan foundation ber-SPF 15, tidak berarti kamu mendapat SPF 45. Hanya SPF paling tinggilah yang kamu dapat.

Jangan lupa juga untuk memakai lip balm yang ber-SPF. Sebab bibir hampir tidak memiliki melanin, sehingga membutuhkan perlindungan ekstra dari sinar matahari. Pilih yang waxy dan matte finish daripada yang glossy karena dapat menarik sinar matahari ke kulit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.