Now Reading:
9 Cara Menghilangkan Blackhead yang Disarankan Ahlinya (Bag. 2)
Full Article 2 minutes read

9 Cara Menghilangkan Blackhead yang Disarankan Ahlinya (Bag. 2)

iyaa.com | Jakarta: Blackhead merupakan masalah kulit yang umum kita jumpai. Cara untuk mengatasinya pun bahkan sudah kita ketahui.

Tapi mana yang paling baik? Dr. Anjali Mahto akan membeberkan 9 cara menghilangkan blackhead dari hidungmu, seperti yang dilansir dari Cosmopolitan ini.

5. Chemical peel
Cara lain yang bisa bantu untuk hilangkan blackhead adalah dengan chemical peeling.

Chemical peel profesional biasanya akan melibatkan asam glikolat atau asam laktat tingkat medis, yang mana digunakan untuk melarutkan sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Blackhead sebenarnya akan selalu kembali, jadi kamu perlu melakukan treatment ini setiap 4-6 minggu.

6. Retinoid
Retinoid adalah formula berbasis vitamin A dan mereka mempercepat proses eksfoliasi. Tapi kamu perlu bersabar sebab formula ini memakan waktu sekitar 12 minggu untuk memperlihatkan hasilnya.

Retinoid merupakan obat yang kuat, jadi gunakan malam hari saja sebab sinar UV akan melumpuhkan mereka. Kalau baru pertama kali pakai, pakai sedikit dulu lalu tambah dosisnya perlahan-lahan.

Foto: Global News

7. Facial extraction
Kalau kamu kayaknya sudah coba semua produk skincare untuk hilangkan blackhead tapi gak berhasil, mungkin kamu bisa beralih ke facial extraction.

“Ahli kecantikan akan menguapi kulitmu, dengan demikian minyak di pori-pori akan goyah. Lalu mereka akan menggunakan alat untuk mencabut blackhead, atau dengan kata lain mereka akan memencetnya,” jelas Dr. Anjali.

Meski demikian mengeluarkan blackhead dengan alat ini tidak disarankan dilakukan di rumah, dan juga harus dilakukan oleh ahlinya. Kalau kamu lakukan sendiri bisa jadi malah bikin peradangan dan menyebabkan bekas luka.

8. Pengobatan tablet
Kalau krim dari luar tidak mempan, coba konsultasikan ke dermatolog supaya kamu bisa mendapat treatment berupa obat.

“Dalam banyak kasus blackhead merupakan tanda awal jerawat. Dengan minum obat khusus dari dokter, maka obat tadi akan menargetkan jerawat dan blackhead,” ungkap Dr. Anjali.

9. Produk makeup
Bukan hanya skincare, formula makeup juga bisa menyumbat pori-pori dan memperburuk kulit yang mudah berjerawat.

Jadi ganti produk makeup kamu dengan yang formulanya lebih ringan, atau makeup yang juga punya kandungan skincare di dalamnya, yakni kandungan salicylic acid.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.