Now Reading:
Manfaat Vitamin E, Antioksidan yang Sering Ada Dalam Produk Skincare
Full Article 2 minutes read

Manfaat Vitamin E, Antioksidan yang Sering Ada Dalam Produk Skincare

iyaa.com | Jakarta: Vitamin E atau alpha tocopherol seringkali kita temukan dalam berbagai produk skincare karena manfaatnya yang sangat baik untuk kulit.

Seperti dijelaskan ahli dermatologi Dr. Dhaval Bhanusali, Skincare.com, vitamin E adalah senyawa yang larut dalam lemak, terutama ditemukan dalam minyak nabati tertentu, dan daun sayuran hijau. Makanan yang kaya vitamin E termasuk minyak kanola, minyak zaitun, margarin, almond, dan kacang. Vitamin E juga bisa didapatkan dari daging dan sereal.

Sebagai antioksidan, vitamin E mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ terbesar tubuh kita.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dipicu oleh berbagai faktor lingkungan, termasuk paparan sinar matahari, polusi, dan asap. Ketika terpapar ke kulit kita, radikal bebas dapat mulai memecah kolagen dan elastin, menyebabkan kulit menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus, dan bintik hitam.

Vitamin E sering dianggap sebagai “vitamin kulit” karena sifat antioksidannya yang kaya. “Vitamin E adalah antioksidan hebat yang memerangi radikal bebas yang membahayakan kulit Anda,” kata Dr. Bhanusali.

Manfaat vitamin E
1. Melawan radikal bebas
Seperti disebutkan sebelumnya, vitamin E mampu melawan radikal bebas. Gunakan serum atau krim yang diformulasikan dengan antioksidan vitamin E atau C serta SPF.

Vitamin E membantu mengurangi munculnya kerutan, perubahan warna, atau tanda-tanda penuaan kulit lainnya. Vitamin E memainkan peran penting dalam pencegahan penuaan kulit dini, tetapi tidak selalu merupakan bahan yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut.

2. Menghidrasi kulit
Karena merupakan minyak yang kental dan padat, vitamin E merupakan pelembap yang bagus terutama buat yang berkulit kering. Tapi karena kekentalannya tersebut, pemakaian vitamin E murni mesti berhati-hati. Karena itu lebih baik memakai serum atau krim yang mengandung vitamin E.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.