Now Reading:
5 Tips Merawat Rambut Saat Liburan ke Pantai atau Kolam Renang
Full Article 2 minutes read

5 Tips Merawat Rambut Saat Liburan ke Pantai atau Kolam Renang

iyaa.com | Jakarta: Pantai atau kolam renang jadi sarana hiburan yang sering dikunjungi saat liburan, apalagi saat lagi musim panas, tentu rasanya bikin kita segar.

Namun dari kesegaran yang kita dapat dengan bersenang-senang main air, berselancar, atau hanya duduk berjemur, rambut kita justru jadi lesu alias gak segar akibat sinar UV serta air klorin.

Supaya rambutmu tetap segar saat berlibur ke pantai atau kolam renang, berikut 5 tips merawat rambut yang bisa kamu lakukan, seperti yang dilansir dari L’Oréal Paris.

Tips 1: Potong rambut sebelum pergi
Sebelum liburan ada baiknya kamu potong rambut mati untuk menghilangkan beban di rambutmu. Kamu boleh menghilangkan 2 inci rambutmu, atau kamu bisa juga memotong drastis rambutmu. Itu pilihanmu sendiri.

Tips 2: Ganti ke shampoo dan kondisioner yang nourishing
Waktu terbaik ke pantai tentunya saat musim panas. Itu sebabnya kamu perlu mempersiapkan diri dengan mengganti shampoo dan kondisioner yang menutrisi, supaya helai rambutmu tetap ternutrisi di musim panas.

Yang namanya ke pantai tentu kamu akan berenang di air dan terpapar sinar UV. Hal itu bikin rambutmu jadi tambah kering.

Kalau kamu merasa rambutmu super kering, selain shampoo dan kondisioner, tambahkan juga hair mask ke rutinitas perawatan rambut mingguan kamu.

Foto: Freepik/Sergeycauselove

Tips 3: Pakai wide brimmed hat
Selain berenang, yang biasa dilakukan saat liburan ke pantai adalah berjemur. Sayang berjemur bisa bikin rambut (dan juga warnanya) jadi gak baik.

Jadi persiapkan diri kamu dengan memakai wide brimmed hat untuk melindungi rambutmu dari kerusakan.

Tips 4: Keringkan rambut secara alami
Kalau biasanya kamu mengeringkan rambut memakai hairdryer dan alat lainnya, coba hindari saat kamu berlibur. Kalau rambutmu basah, sebaiknya biarkan mengering dengan sendirinya.

Tips 5: Siapkan rambut sebelum berenang
Beberapa kolam renang dibuat di ruangan tertutup sehingga kamu bebas dari paparan sinar matahari. Sayangnya kamu belum bebas dari yang namanya klorin.

Menurut American Academy of Dermatology, klorin bisa membuat rambut jadi kering. So, kamu harus mempersiapkan diri dari klorin dengan pakai topi renang, serta pakai shampoo dan kondisioner yang bagus setelah meninggalkan kolam renang.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.