Now Reading:
Macam-Macam Eyeshadow yang Sesuai Jenis Kulitmu
Full Article 3 minutes read

Macam-Macam Eyeshadow yang Sesuai Jenis Kulitmu

iyaa.com | Jakarta: Riasan mata bisa ditonjolkan salah satunya dengan eyeshadow. Kalau kamu pemula dan baru mau belajar pakai eyeshadow, kamu mungkin akan bingung dengan banyaknya pilihan.

Tak hanya powder, eyeshadow juga tersedia dalam bentuk liquid, gloss, cream, dan cream-gel. Bagaimana memilih produk yang tepat? Berikut ini panduannya dari Makeup.com.

1. Liquid Eyeshadow
Eyeshadow jenis ini halus, lembut, dan sangat pigmented serta memiliki tekstur yang sama seperti tinted moisturizer. Liquid eyeshadow hadir dalam formula matte dan shimmery.

Kulit kering dan normal cocok dengan eyeshadow ini. Saat kelopak mata berminyak, liquid eyeshadow cenderung luntur. Maka jika punya kulit berminyak, pilih yang waterproof untuk mencegah creasing.

Liquid eyeshadow tahan lama sepanjang hari. Tak seperti powder, liquid eyeshadow tidak akan mengelupas dan meninggalkan partikel kecil di bawah mata dan pipi.

NYX Glitter Goals Liquid Eyeshadow | Foto: NYX

2. Eye Gloss
Eye gloss mirip seperti lip gloss bening. Eyeshadow ini kental dan sedikit lengket, hampir seperti Vaseline, dan dimaksudkan untuk melapisi eyeshadow agar kelopak mata terlihat mengkilap. Maka eye gloss lebih sesuai untuk party look.

Eye gloss cocok untuk semua jenis kulit dan buat kamu yang ingin kilau ekstra.

Eye gloss adalah eyeshadow yang oil-based, jadi setiap kali berkedip akan hilang dan membuat makeup di bawahnya lumer, sehingga perlu sering touch up.

Yves Saint Laurent Eye Gloss Smudger | Foto: Amazon

3. Cream Eyeshadow
Cream eyeshadow memberi warna medium sehingga sangat fleksibel. Selain itu, eyeshadow ini juga gampang dan cepat diaplikasikan. Untuk natural look, bisa memilih yang matte. Sementara yang bright atau shimmery cocok untuk glam look.

Kulit kering dan sensitif, atau yang punya keriput di sekitar mata bisa memakai cream eyeshadow.

Seperti liquid, cream eyeshadow juga tahan lama sampai kamu menghapusnya dan tetap flawless sepanjang hari.

Giorgio Armani Beauty Eye Tints | Foto: The Beauty Look Book

4. Cream-Gel Eyeshadow
Ini jenis eyeshadow yang lembut dan bertekstur seperti mousse. Eyeshadow ini cocok untuk natural look atau no-makeup makeup look. Tak terlalu pigmented, dan bisa untuk bold look (seperti smokey eye) yang tak terlalu intens.

Cream-gel eyeshadow cocok untuk semua jenis kulit dan pilihan bagus untuk tampilan natural. Daya tahannya sekitar 8 jam.

Maybelline Color Tattoo | Foto: eBay

5. Powder Eyeshadow
Powder eyeshadow dikenal karena beragam warna dan hasil akhirnya, mudah diaplikasikan serta dibaurkan. Liquid dan cream bisa membatasi look kamu karena ketika kering, tampilan riasan akan tetap seperti itu. Tapi dengan powder eyeshadow, kamu bisa menambahkan warna lagi dan lagi bahkan setelah 20 menit kemudian.

Powder eyeshadow cocok buat jenis kulit berminyak yang tak punya banyak kerutan atau keriput di sekitar mata. Sebab powder terutama yang metalik bisa memperjelas tampilan kerutan.

Daya tahannya sekitar 4 jam. Tapi bisa menggunakan cream eyeshadow sebagai base agar powder eyeshadow tahan lama.

Foto: Instagram/urbandecaycosmetics


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.