Now Reading:
Ada dalam Makanan, Ini 8 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Rambutmu
Full Article 3 minutes read

Ada dalam Makanan, Ini 8 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Rambutmu

iyaa.com | Jakarta: Makanan yang kamu konsumsi akan berpengaruh pada kulit dan rambutmu. Maka jika ingin rambut tumbuh lebih sehat, kamu wajib memperhatikan nutrisi dalam menu makananmu.

Berikut ini nutrisi penting apa saja yang bagus untuk pertumbuhan rambut, dilansir dari Byrdie.

1. Biotin

Foto: Pixabay @GerDukes

Tubuh kita telah memproduksi biotin, jadi sebenarnya kita tak memerlukan suplemen vitamin B7 ini. Kecuali jika kamu kekurangan biotin yang sebenarnya hanya sebagian kecil orang. Biotin bisa kamu dapatkan dalam makanan, seperti telur, almond, dan alpukat.

2. Folat dan Zat Besi

Foto: Pixabay @ponce_photography

Folat dan zat besi membantu menciptakan sel darah merah, yang membawa oksigen ke kulit kepala dan sel folikel untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi, yang umum terjadi pada wanita selama masa subur, dapat menyebabkan kerontokan.

Bayam adalah salah satu sumber makanan tinggi folat dan zat besi.

3. Protein

Foto: Freepik @Valeria_aksakova

Protein sangat penting untuk semua pertumbuhan sel, terutama rambut. Rambut mendapatkan strukturnya dari protein yang disebut keratin. Maka kekurangan protein untuk keratin menyebabkan perlambatan pertumbuhan rambut serta helaian rambut yang lemah dan tipis.

Makanan yang kaya protein adalah ayam, babi, dan daging sapi tanpa lemak. Vegetarian bisa memilih lentil, tahu, dan kedelai.

4. Vitamin C

Foto: Pixabay @Hans.jpg

Vitamin C berguna untuk membuat kolagen, yang merupakan serat yang membantu folikel rambut kita tetap sehat dan mencegah rambut kita bercabang. Contoh makanan kaya vitamin C adalah paprika, jeruk, dan tomat.

5. Vitamin A

Foto: Freepik

Vitamin A meningkatkan pertumbuhan sel yang mengimbangi pertumbuhan rambut. Vitamin A juga membantu tubuh memproduksi sebum yang penting untuk kulit kepala dan rambut yang sehat.

Ubi jalar, wortel, bayam, dan kangkung mengandung beta-karoten yang tinggi, yang dapat dikonversi menjadi vitamin A.

6. Zinc

Foto: Freepik @Dashu83

Zinc membantu memulihkan dan meningkatkan pertumbuhan jaringan rambut dengan meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Zinc terdapat dalam tiram, kepiting, kerang, dan jenis kerang-kerangan lainnya.

7. Asam Lemak Omega-3

Foto: Pixabay @moreharmony

Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga membantu membuka folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan membuat rambut lebih berkilau. Ikan berlemak seperti salmon dan tuna, atau kacang walnut dan biji rami adalah sumber asam lemak omega-3.

8. Kalsium

Foto: Freepik

Selain untuk tulang, kalsium juga baik untuk rambut. Kalsium dalam sel folikel rambut merangsang pertumbuhan rambut. Kalsium dapat ditemukan dalam keju, yogurt, tahu, dan kubis.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.