Now Reading:
Wajib Tahu, Ini 9 Alasan Kenapa Kulitmu Kusam
Full Article 2 minutes read

Wajib Tahu, Ini 9 Alasan Kenapa Kulitmu Kusam

iyaa.com | Jakarta: Kulit kusam seringkali menjadi masalah buat para wanita. Kulit seperti kehilangan cahaya dan tampak tak sehat. Dr. Elizabeth B. Houshmand, dilansir dari Skincare.com, menjelaskan apa saja yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam sehingga kita bisa menghindarinya.

1. Kulit kering dan dehidrasi
Kulit kering dan dehidrasi kehilangan kelembapan yang dibutuhkan kulit untuk tampak bercahaya. Ketika kulit tidak terhidrasi, garis-garis halus bisa lebih terasa, kulit tampak kasar dan warnanya kusam.

2. Menumpuknya sel kulit mati
Penumpukan sel kulit mati bisa membuat kulit menjadi kusam. Sebab kulit tidak bisa memantulkan cahaya seperti kulit yang sehat dan terhidrasi. Ini seperti jendela yang kotor, di mana cahaya tidak bisa menembus ke dalam.

3. Usia
Seiring bertambahnya usia, tingkat pergantian sel alami kulit kita melambat. Dr Houshmand mencatat bahwa tingkat pergantian sel yang lebih rendah ini dapat menyebabkan warna kulit yang kurang bagus. Selain itu, kulit yang menua cenderung menunjukkan bintik-bintik matahari yang lebih terlihat, keriput, dan efek samping merusak kulit lainnya dari sinar UV.

4. Asupan makan yang buruk
Beberapa makanan yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kulit tampak kusam dan dehidrasi, seperti alkohol, kafein, dan gula.

5. Cuaca
Berada di lingkungan yang kelembapannya rendah bisa membuat kulit menjadi kering dan dehidrasi. Seperti saat musim dingin saat kurangnya kelembapan di udara, sehingga membuatnya menjadi kusam.

6. Merokok
Merokok tak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Merokok memang punya dampak negatif pada kulit seperti mempercepat proses penuaan kulit, menyebabkan kulit menjadi pucat dan tampak kusam.

7. Stres
Stres dapat mempengaruhi kulit dalam beberapa cara, salah satunya adalah membuat kulit tampak loyo dan kusam.

8. Kelelahan
Saat tidur, kulit memiliki kesempatan untuk memperbarui dan menyegarkannya dirinya sendiri. Ketika kita kurang tidur beberapa malam, tanda kelelahan mulai terlihat seperti berkurangnya cahaya di kulit wajah.

9. Menggunakan produk yang salah
Penyebab lain kenapa kulitmu kusam adalah penggunakaan produk kecantikan yang salah. Jika ingin kulit yang cerah, pilih produk yang menyerap minyak. Selain itu tidak memakai pelembap juga menjadi penyebab kulit kusam.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.