Now Reading:
Waspada, Ini Bahaya Kemasan Plastik Pada Produk Skincare!
Full Article 2 minutes read

Waspada, Ini Bahaya Kemasan Plastik Pada Produk Skincare!

iyaa.com | Jakarta: Tak hanya mencemari lingkungan, penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari juga berdampak buruk bagi kesehatan. Termasuk kemasan plastik dalam berbagai produk skincare.

Kemasan plastik jadi pilihan utama dalam mengemas produk skincare karena harga yang relatif murah dan berbobot ringan. Sayangnya, terdapat beberapa kelemahan dari kemasan plastik ini.

Foto: Freepik

Seperti dilansir dari Beauty Journal Sociolla, Kemasan plastik konvensional yang biasa digunakan untuk kosmetik dan skincare biasanya mengandung salah satu dari 2 bahan kimia yaitu polyvinyl chloride plastics (PVC) dan polycarbonate plastics.

Polyvinyl chloride plastics (PVC) mengandung bahan phthalates. Sedangkan polycarbonate plastics mengandung bahan kimia bisphenol-A (BPA).

Jika masuk ke dalam aliran darah, kedua bahan kimia ini dapat mengubah proses terkait hormon dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan dua bahan kimia ini bertindak sebagai xenoestrogen. Mereka dapat meniru hormon di dalam tubuh, khususnya hormon estrogen.

Hal ini berpotensi membahayakan tubuh. Mulai dari ketidakseimbangan hormon, gangguan fungsi tiroid serta infertilitas.

Phthalates dan BPA dalam kemasan plastik juga bisa masuk dalam produk skincare. Hal ini disebabkan kandungan skincare seperti minyak, alkohol dan pelarut dapat mempercepat proses penguraian plastik, lalu bergabung menjadi satu dengan produk skincare tersebut. Jadi, selain manfaat skincare yang akan meresap ke dalam kulit, Phthalates dan BPA juga mungkin saja ikut meresap.

Foto: Beauty Journal Sociolla

Saat ini penggunaan kaca sebagai kemasan produk kecantikan khususnya skincare sangat dianjurkan. Kaca bersifat sebagai pengawet alami dan berfungsi sebagai sealant atas kondisi suhu dan iklim di luar.

Botol kaca yang buram juga melindungi produk skincare dari ekspos berlebihan terhadap cahaya serta meningkatkan umur simpan produk tersebut. Bahan alami seperti ekstrak buah dan minyak alami yang dikemas dalam botol kaca juga jauh lebih awet dan kandungannya tak mudah rusak.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.